Sumpah Janji Mahasiswa Kebidanan

Sumpah Janji Mahasiswa Kebidanan

Jum’at 5 April 2013, bertempat di Aula Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I dilaksanakan prosesi Ucap Janji Mahasiswa Jurusan Kebidanan. Kegiatan ini diikuti oleh 77 mahasiswa tingkat I. Selain wajib dilaksanakan sebelum mahasiswa melakukan praktik di lapangan, kegiatan ini pun merupakan media pembelajaran dalam menghayati peran bidan.

Siti Aminah W, S.Pd., M.Kes sebagai Ketua Jurusan pada sambutannya menyampaikan bahwa 77 mahasiswa ini merupakan orang-orang pilihan yang telah tersaring dari 600 orang pendaftar Sipenmaru. Beliau mengharapkan dan berpesan agar 77 mahasiswa ini benar-benar serius menjalani proses pendidikan sehingga semuanya akan dapat lulus diwisuda tepat pada waktunya yakni tahun 2015. Perempuan yang sudah malang melintang lebih dari 33 tahun di dunia pendidikan kesehatan ini menegaskan bahwa jangan jadikan masalah pembiayaan sebagai penghambat, karena saat ini pemerintah sudah menyediakan program beasiswa bagi yang tidak mampu.

Sementara Drs. Wardadi, perwakilan orang tua menyampaikan pesan agar semua mahasiswa benar-benar menghayati isi ucap janji yang telah diiklarkan sehingga dapat diaplikasikan dengan baik di lapangan. Bapak dari Dwi Putri Chaeriah ini berpesan kepada mahasiswa bahwa selain kompetensi di bidang kebidanan harus terus ditingkatkan, kualitas dan kuantitas ibadahpun harus semakin baik juga. Karena nilai-nilai agama akan menuntun kepada keselamatan.

Sambutan  terakhir dari Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta I, Ani Nuraeni, S.Kp., M.Kes. Beliau memberikan apresiasi kepada jajaran pengelola Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta I yang telah mampu melaksanakan kegiatan ucap janji mahasiswa dengan baik dan tepat waktu. Hal tersebut sesuai dengan tuntutan sistem manajemen mutu, sehingga sertifikat ISO 9001/2008 dapat dipertahankan. Orang nomor satu di Poltekkes Kemenkes Jakarta I ini, menyampaikan pula bahwa Poltekkes Kemenkes Jakarta I yang bervisi Menjadi Politeknik terkemuka dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Dalam upaya mewujudkan visi tersebut terus dilakukan perbaikan dan peningkatan di segala bidang. Salah satu wujud komitmen tersebut, dalam waktu dekat akan dibangun gedung pendidikan minimal 4 tingkat bertempat di Jl. Wijaya Kusuma Raya No. 47.

Pada moment yang bersejarah tersebut diumumkan pula mahasiswa berprestasi semester ganjil tahun akademik 2012/2013. Peringkat pertama diraih oleh Isni Aristia dengan IPK 3,86. Kedua, Amanda Putri IPK 3,86. Ketiga, Dwi Putri Chaeriah IPK 3,70. Isni Aristia dan Amanda Putri memiliki IPK yang sama tetapi nilai absolutnya lebih besar Isni Aristia. Ketiga mahasiswa tersebut mendapatkan piagam penghargaan dan hadiah menarik. zn