Upacara Ucap Janji Mahasiswa Jurusan Kebidanan Tahun 2023

Upacara Ucap Janji Mahasiswa Jurusan Kebidanan Tahun 2023

Jakarta, 4 Mei 2023

pada hari ini kamis, 4 Mei 2023 telah dilaksanakan Ucap Janji Mahasiswa yang dihadiri oleh  Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta I, Ibu  Ita Astit Karmawati ,MARS, Wakil Direktur I, II dan III Kasubag ADAK, Kasubag ADUM Ketua dan Sekretaris Jurusan Keperawatan, Kesehatan gigi dan Ortothic Prostetik Para tamu undangan dan orangtua mahasiswa TK I Serta Segenap Civitas Akademik Poltekkes Kemenkes Jakarta I yang berbahagia

Jurusan Kebidanan dengan visi “ menjadi Prodi Studi D III Kebidanan yang Unggul dalam Bidang kewirausahaan Ibu dan Bayi,  memiliki 214 mahasiswa dengan rincian Mhs TK I : 72 mahasiswa, TK II : 69 mahasiswa dan TK III : 73 mahasiswa.  Adapun jumlah SKS yang akan ditempuh selama mengikuti Pendidikan di Prodi D III Kebidanan yaitu sejumlah 112 SKS. Penerimaan mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Jakarta I ini berasal dari jalur PMDP atau jalur prestasi dan mandiri atau ujian.

Untuk mengasah dan mengembangakan kemampuan shoft skill mahasiswa, Poltekkes Jakarta I memfasilitasi melalui kegiatan kemahasiswaan seperti pengembangan Bahasa Bahasa inggris, jerman, dan  jepang, midwife go talent, midwifery go to school, seminar nasional, PEMIRA, makrab (mahasiswa akrab), audiensi, baksos, taklim bulanan, jumat sehat. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mengikuti lomba NHVSC, NHPEO, farewell competion, poster competition, PIM nakes, dan kegiatan lomba pekan kreatifitas mahasiswa

Kegiatan ucap janji hari ini merupakan titik awal dari sebuah pelayanan dan perjalanan hidup seorang Bidan. Melalui ucap janji inilah mahasiswa dinyatakan siap terjun dalam dunia Kesehatan untuk mengabdi kepada masyarakat dengan keterampilan, kecerdasan dan akhlak baik yang telah dibangun sejak menjadi mahasiswa. Ucap janji ini dilaksanakan sebagai  langkah awal bagi mahasiswa Prodi D III Kebidanan untuk memperoleh pengalaman lapangan di Rumah Sakit, Klinik bersalin, Puskesmas, Tempat Praktik Mandiri Bidan dan komunitas, setelah mahasiswa mengikuti perkuliahan di kelas, laboratorium, ujian teori dan ujian lab. Berdasarkan rapat evaluasi Ujian akhir semester Ganjil  TA 2022/2023 pada tanggal 8 Desember 2022, ditetapkan mahasiswa berprestasi  yaitu :

  1. Peringkat 3 : Faradhila Zam Zami dengan IPS 3, 66 dan mendapatkan reward dana pendiikan sebesar 1.500.000
  2. Peringkat 2 : Athaya Zahra Alicia, dengan IPS 3,70 dan mendapatkan reward dana pendiikan sebesar 2.000.000
  3. Peringkat I : Ken Aulia Salwa Hasbi, dengan IPS 3,77 dan mendapatkan reward dana pendiikan sebesar 2.500.000

Selamat kepada ketiga mahasiswa berprestasi dan seluruh mahasiswa TK I yang hari ini melaksanakan ucap janji.

Besar harapan saya, agar mahasiswa dapat menjunjung tinggi almamater serta mampu melaksanakan isi naskah janji yang telah diikrarkan : Jadilah tenaga Kesehatan yang terampil, cerdas dan beretika.

Demikian laporan Pendidikan yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekhilafan.

 

Ketua Jurusan Kebidanan

Erlin Puspita, SST, M. Keb